Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Blogger Template From:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Jumat, 20 September 2013

Ujian Konsep Dasar IPS



UJIAN AKHIR SEMESTER




Konsep Dasar IPS
Nama Dosen : Safitri Yosita Ratri, M. Pd.

Nama Mahasiswa: Erina Candra Dewi
NIM 11108241070




 


                                                                                                                                   
1.      Social studies atau Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ilmu-ilmu social yang disederhanakan untuk tujuan-tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah dasar dan menengah (elementary and secondary school).[1] Dalam progam sekolah, ilmu pengetahuan sosial meliputi berbagai disiplin ilmu yang terkoordinasi dan sistematis, antara lain antropologi, arkeologi, ekonomi, geografi, sejarah, hukum, filsafat, ilmu politik, psikologi, agama, dan sosiologi. Pada intinya, ilmu pengetahuan sosial mengajarkan tentang pengetahuan dan membentuk partisipasi dalam urusan sipil, secara khusus yaitu mengenai isu pelayanan publik, tindak kriminalitas, maupun kebijakan luar negeri. Agar para siswa dan masyarakat umum yang mempelajari ilmu pengetahuan sosial ini paham, diperlukan pendidikan multidisiplin ilmu sekaligus terintegrasi. Nah, inilah arti dari integrasi dalam ilmu pengetahuan sosial menurut saya.


2.      Satu barang yang bersifat reusable salah satunya adalah
a.       Keranjang rotan bekas yang dimodifikasi dengan kain kanvas
Pada dasarnya, keranjang rotan memang merupakan tempat penyimpanan, dan bersifat lebih santai/ casual. Keranjang rotan juga mulai banyak dijual di pasaran dengan berbagai modifikasi, yang tentu saja menaikkan harga jualnya. Apanila keranjang rotan itu sudah tidak digunakan lagi, akan sangat sayang untuk dibuang. Kita dapat menciptakan keranjang rotan sendiri yang sesuai dengan nuansa ruangan keluarga di rumah. Pemilihan kanvas sebaiknya yang warnanya serasi dengan nuansa ruang keluarga untuk menutup bagian dalam keranjang. Kemudian dijahit atau diberi perekat pada bagian pinggirnya sehingga menyatu seperti sarung bantal yang dapat diganti-ganti untuk dicuci.

b.      Keranjang rotan bekas yang didekorasi dengan cat
Cara lain adalah dengan mengaplikasikan warna pada keranjang tersebut, atau memperbaharui warna rotannya dengan cat warna transparan. Kemudian, untuk penyusunannya, keranjang rotan dapat disusun bertumpuk secara vertikal, maupun secara berjajar. Dengan hanya sedikit usaha, keranjang-keranjang rotan tersebut berhasil difungsikan sebagai rak-rak santai penyimpan buku-buku dan mainan koleksi anak, sekaligus penambah estetika ruangan.
3.      Manfaat belajar berbagai peninggalan budaya Budha, Hindu dan Barat menurut saya sangat banyak, namun menurut sumber yang saya cari dari internet, ada 3 manfaat belajar sejarah dan peninggalan budaya itu, kemudian saya kembangkan sendiri.
a.    Manfaat edukatif
Manfaat sejarah yang pertama adalah sebagai edukasi atau pelajaran. Belajar budaya peninggalan Hindu-Budha dan Barat di Indonesia telah banyak mengedukasi bangsa Indonesia. Antara lain Candi Borobudur yang telah mengedukasi masyarakat tentang epos Ramayana dan Mahabarata. Selain belajar mengetahui agama Buddha, sesorang bisa sekaligus belajar sastra pada masa itu.
b.    Manfaat inspiratif
Manfaat yang kedua adalah sebagai inspirasi. Candi Borobudur hasil peninggalan budaya agama Budha pasti sangat menginspirasi. Antara lain tentang arsitektur pada masa itu. Walaupun tidak menggunakan mesin-mesin canggih, candi yang besar dan megah bisa dibangun. Ini sangat menginspirasi penerus bangsa agar dapat bersaing lagi dalam bidang itu. Pada zaman dahulu saja teknologi yang sangat sederhana saja sudah bisa mendirikan bangunan yang begitu indah, besar dan megah, seharusnya pada zaman sekarang bisa lebih maju lagi teknologi di Indonesia.


c.     Manfaat rekreatif
Manfaat belajar peninggalan budaya tersebut yang ketiga adalah sebagai rekreasi. Manfaatnya peninggalan sejarah sebagai yang berupa kisah dapat memberi suatu hiburan yang segar juga dapat berimajiasi ke masa lampau.


DAFTAR PUSTAKA
http://hapbiker.wordpress.com/2007/08/14/manfaat-mempelajari-sejarah/
http://www.membangunbersama.com/step-by-step/interior/pemanfaatan-barang-lama/
Noor, Arifin. 1999. ISD, Ilmu Sosial Dasar. Bandung: Pustaka Setia.



[1] Ali Imran Udin (almarhum), Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-ilmu Sosial Dasar, Forum Pendidikan, IKIP Jakarta, Desember 1976, hal. 47.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
 

Designed By Blogs Gone Wild!